Friday, December 02, 2016

Aksi Super Damai Jilid III

Memandang dari sudut benua.

Bisa dikatakan inilah Jumatan terbesar sepanjang sejarah Islam: ada yang menyebut 3 juta, ada yang menghitung sampai 4 juta bahkan lebih di atas itu.

Entahlah... sayangnya tak ada daftas absen yang dibuat agar uang bayaran bisa diserahkan... jelaslah mereka memang bukan Untuk itu berkumpul...

Jemaah haji akbar sekalipun beberapa tahun belakang biasanya hanya mencapai 2.5 s.d. 3 juta jamaah dan tidak semua sholat jumat di masjidil Haram dalam satu kesempatan.


Maka inilah sejarah yang patut dicatat dunia. Aksi ini adalah aksi super damai, tanpa kekerasan. Semua patuh, duduk tertib meski hujan turun deras saat khatib naik mimbar.

Sebagaimana rukun sholat jumat, semua khidmat mendengarkan ceramah penuh gelora sang habieb.

Sholat jumat ditengah rinai hujan tak membuat satu orang pun bergeser dari tempatnya. Baju basah, celana dan sarung kebas, begitu juga sajadah pias tergenang di atas aspal menyatu dalam uliran hujan yang penuh rahmat dan doa-dzikir yang terucap.

Bukankah waktu mustajab itu salah satunya ada di hari jumat, dan juga saat turun hujan? Maka inilah kombinasi sempurna #aksidamai212 itu.

Allahu Akbar... rasanya tak ada rencana dan skenario yang lebih indah daripada ketentuan-Nya.

Doa qunut yang panjang terlantun berantai hingga doa robithoh pun terangkat menggema: "wa ahyiha bi ma'rifatika, wa ammit ha 'alaa syahadati fii sabiilika..."

No comments: