Thursday, August 09, 2007

Sekali lagi tentang Tahajud


Di zaman salafus shalih, diakhir masa hidupnya seorang imam besar dunia Islam, Imam Malik, hiduplah seorang ibu dengan seorang anaknya yang masih kecil, si anak ini sulit sekali tidur jika malam hari tiba, kalaupun dia tertidur pastilah karena lelah terjaga di dipan kamarnya disamping sisi kiri ibunya.
Namun akhir-akhir ini si anak cepat sekali terlelap, mungkin memang sudah terlalu lelah bermain-main seharian, kemudian keesokan harinya si ibu bertanya kenapa sibuah hatinya itu sekarang cepat terlelap jika malam tiba.
Si anak bukan menjawab malah bertanya. " Ibu, dulu saya selalu terjaga di malam hari karena melihat sebuah pemandangan indah didepan jendela kamar kita, ada sebuah pohon yang selalu bergoyang-goyang ditiup angin, kadang rebah dan rukuk sampai ke tanah, kadang ia tegak begitu lama dan tanpa gerak...saya tak mengerti mengapa pohon yang saya pandangi itu bisa sampai seperti itu, saya hanya berani melihatnya dari atas tempat tidur kita bu, tapi sejak 3 hari yang lalu pohon itu sudah tidak ada dan saya tak pernah lagi melihatnya hingga malam-malam saat ini, kemanakah gerangan pohon itu bu?
Si ibu terisak meneteskan air mata, tanpa ekspresi dia berkata, "Anakku sayang, tahukah kamu apa yang kau lihat selama ini, itu adalah imam Malik yang sedang melakukan sholat lail...dan kini dia telah tiada..."

No comments: